Diriwayatkan tentang Rasulullah SAW bahwa segala tutur kata beliau
senantiasa mencerminkan kesucian dan bahwa beliau (tidak seperti
orang-orang kebanyakan di zaman beliau) tidak biasa bersumpah
(Turmudzi). Hal itu merupakan suatu kekecualian bagi bangsa Arab.
Tetapi Rasulullah saw menjunjung tinggi nama Tuhan sehingga beliau
tidak pernah mengucapkan tanpa alasan yang sepenuhnya dapat diterima.
Beliau sangat memberikan perhatian, bahkan cermat sekali dalam soal
kebersihan badan. Beliau senantiasa menggosok gigi beberapa kali sehari
dan begitu telaten melakukannya sehingga beliau biasa mengatakan bahwa
andaikata beliau tidak khawatir kalau mewajibkannya akan memberatkan,
beliau akan menetapkan menjadi kewajiban untuk tiap-tiap orang muslim
menggosok gigi sebelum mengerjakan kelima waktu sholat. Beliau
senantiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah tiap kali makan, dan
desudah makan beliau senantiasa berkumur dan memandang sangat baik
tiap-tiap orang yang telah memakan masakan berkumur lebih dahulu sebelum
ikut bersembahyang berjamaah (Al-Bukhori).
Dalam peraturan Islam, masjid itu satu-satunya tempat berkumpul yang
ditetapkan untuk orang-orang Islam. Oleh karena Rasulullah saw sangat
istimewa menekankan kebersihannya, terutama pada saat orang-orang
diharapkan akan berkumpul di dalamnya. Beliau memerintahkan supaya pada
kesempatan-kesempatan itu sebaiknya setanggi dsb dibakar untuk
membersihkan udara (Abu Daud). Beliau juga memberi petunjuk jangan ada
orang pergi ke masjid saat diadakan pertemuan-pertemuan sehabis makan
sesuatu yang menyebarkan bau yang menusuk hidung (Al-Bukhori).
Beliau menuntut agar jalan-jalan dijaga kebersihannya dan tidak ada
dahan ranting, batu dan semua benda atau sesuatu yang akan mengganggu
atau bahkan membahayakan. Jika beliau sendiri menemukan hal atau benda
demikian di jalan, beliau niscaya menyingkirkannya dan beliau sering
bersabda bahwa orang yang membantu menjaga kebersihan jalan-jalan, ia
telah berbuat amal sholih dalam pandangan Ilahi.
Diriwayatkan pula bahwa beliau memerintahkan supaya lalu-lintas umum
tidak boleh dipergunakan sehingga menimbulkan halangan atau menjadi
kotor atau melemparkan benda-benda yang najis, atau tidak sedap
dipandang ke jalan umum atau mengotori jalan dengan cara apapun, karena
semua itu perbuatan yang tidak diridhoi Tuhan. Beliau sangat memandang
penting upaya agar persediaan air untuk keperluan manusia dijaga
kebersihan dan kemurniannya. Umumnya, beliau melarang sesuatu benda
dilemparkan ke dalam air tergenang yang mungkin akan mencemarinya, dan
memakai persediaan air dengan cara yang dapat menjadikannya kotor
(Al-Bukhori dan Muslim, Kitabal-Barr wal-Sila).
Rasulullah saw sangat sederhana dalam hal makan dan minum. Beliau
tidak pernah memperlihatkan rasa kurang senang terhadap makanan yang
tidak baik masakannya dan tidak sedap rasanya. Jika didapatkannya
makanan sajian serupa itu, beliau akan menyantapnya untuk menjaga supaya
pemasaknya tidak merasa kecewa. Tetapi, jika hidangan tidak dapat
dimakan, beliau hanya tidak menyantapnya dan tidak pernah memperlihatkan
kekesalannya. Jika beliau telah duduk menghadapi hidangan, beliau
menunjukkan minat kepada makanan itu dan biasa mengatakan bahwa beliau
tidak suka kepada sikap acuh-tak-acuh terhadap makanan, seolah-olah
orang yang makan itu terlalu agung untuk memperhatikan hanya soal
makanan dan minuman belaka.
Jika suatu makanan dihidangkan kepada beliau, senantiasa beliau
menyantapnya bersama-sama semua yang hadir. Sekali peristiwa seseorang
mempersembahkan kurma kepada beliau. Beliau melihat ke sekitar dan
setelah beliau menghitung jumlah orang yang hadir, beliau membagi rata
bilangan kurma itu sehingga tiap-tiap orang menerima tujuh buah. Abu
Huroiroh ra meriwayatkan bahwa Rasulullah saw tidak pernah makan
sekenyang-kenyangnya, walaupun sekedar roti jawawut (Al-Bukhori).
Sekali peristiwa, ketika beliau melalui jalan tampak kepada beliau
beberapa orang berkumpul mengelilingi panggang anak kambing dan siap
untuk menikmati jamuan. Ketika mereka melihat Rasulullah saw mereka
mengundang beliau ikut serta, tetapi beliau menolak. Alasannya bukan
karena beliau tidak suka daging panggang, tetapi disebabkan oleh
kenyataan bahwa beliau tidak menyetujui orang mengadakan perjamuan di
tempat terbuka dan terlihat oleh orang miskin yang tak cukup mempunyai
makanan.
Tiap-tiap segi kehidupan Rasulullah saw nampak jelas diliputi dan
diwarnai oleh cinta dan bakti kepada Tuhan. Walaupun pertanggung-jawaban
yang sangat berat terletak di atas bahu beliau, bagian terbesar dari
waktu, siang dan malam dipergunakan untuk beribadah dan berdzikir kepada
Tuhan. Beliau biasa bangkit meninggalkan tempat tidur tengah malam dan
larut dalam beribadah kepada Tuhan sampai saat tiba untuk pergi ke
masjid hendak sembahyang subuh. Kadang-kadang beliau begitu lama berdiri
dalam sembahyang tahajjud sehingga kaki beliau menjadi bengkak-bengkak,
dan mereka yang menyaksikan beliau dalam keadaan demikian sangat
terharu. Sekali peristiwa Aisyah ra berkata kepada beliau “Tuhan telah
memberi kehormatan kepada engkau dengan cinta dan kedekatan-Nya. Mengapa
engkau membebani diri sendiri dengan menanggung begitu banyak kesusahan
dan kesukaran?” Beliau menjawab “Jika Tuhan, atas kasih sayang-Nya,
mengaruniai cinta dan kedekatan-Nya kepadaku, bukankah telah menjadi
kewajiban pada giliranku senantiasa menyampaikan terima kasih kepada
Dia? Bersyukurlah hendaknya sebanyak bertambahnya karunia yang diterima
(Kitabul-Kusuf).
Tuhan telah memberikan mata untuk melihat; maka bukan ibadah tetapi
aniaya kalau mata dibiarkan pejam atau dibuang. Bukan penggunaan
kemampuan melihat secara tepat yang dapat dipandang dosa, melainkan
penyalahgunaan daya itulah yang menjadi dosa…
Siti Aisyah meriwayatkan “Bilamana Rasulullah saw dihadapkan kepada
pilihan antara dua cara berbuat, beliau senantiasa memilih jalan yang
termudah, asalkan bebas dari segala kecurigaan bahwa itu salah atau
dosa. Kalau arah perbuatan itu membuka kemungkinan timbulnya kecurigaan
serupa itu, maka Rasulullah saw itulah orangnya, dari antara seluruh
umat manusia yang paling menjauhinya (Muslim, kitabul-Fadhoil).
Beliau sangat baik dan adil terhadap istri-istri sendiri. Jika, pada
suatu saat salah seorang di antara mereka tidak dapat membawa diri
dengan hormat yang layak terhadap beliau, beliau hanya tersenyum dan hal
itu dilupakan beliau. Pada suatu hari beliau bersabda kepada Siti
Aisyah ra, Aisyah jika engkau sedang marah kepadaku, aku senantiasa
dapat mengetahuinya” Aisyah ra bertanya “Bagaimana?” Beliau menjawab
“Aku perhatikan jika engkau senang kepadaku dan dalam percakapan kau
menyebut nama Tuhan, ‘Kau sebut Dia sebagai Tuhan Muhammad. Tetapi jika
engkau tidak senang kepadaku, ‘Kau sebut Dia sebagai Tuhan Ibrahim”
Mendengar keterangan itu Aisyah tertawa dan mengatakan bahwa beliau
benar”.
Beliau senantiasa sangat sabar dalam kesukaran dan kesusahan., Dalam
keadaan susah, beliau tak pernah putus asa dan beliau tak pernah
dikuasai oleh suatu keinginan pribadi… Sekali peristiwa beliau menjumpai
seorang wanita yang baru ditinggal mati oleh anaknya, dan melonglong
dekat kuburan anaknya. Beliau menasehatkan agar bersabar dan menerima
taqdir Tuhan dengan rela dan menyerahkan diri. Wanita itu tidak
mengetahui bahwa ia ditegur oleh Rasulullah saw dan menjawab “Andaikan
engkau pernah mengalami sedih ditinggal mati oleh anak seperti yang
kualami, engkau akan mengetahui betapa sukar untuk bersabar di bawah
himpitan penderitaan serupa itu.” Rasulullah saw menjawab “Aku telah
kehilangan bukan hanya seorang tetapi tujuh anak”. Dan beliau terus
berlalu.
Beliau senantiasa dapat menguasai diri. Bahkan ketika beliau sudah
menjadi orang paling berkuasa sekalipun selalu mendengarkan dengan sabar
kata tiap-tiap orang, dan jika seseorang memperlakukan beliau dengan
tidak sopan, beliau tetap melayaninya dan tidak pernah mencoba
mengadakan pembalasan.
Rasulullah saw mandiri dalam menerapkan keadilan dan perlakuan.
Sekali peristiwa suatu perkara dihadapkan kepada beliau tatkala seorang
bangsawati terbukti telah melakukan pencurian. Hal itu menggemparkan,
karena jika hukuman yang berlaku dikenakan terhadap wanita muda usia
itu, martabat suatu keluarga sangat terhormat akan jatuh dan terhina.
Banyak yang ingin mendesak Rasulullah saw demi kepentingan orang yang
berdosa itu, tetapi tidak mempunyai keberanian. Maka Usama diserahi
tugas melaksanakan itu. Usama menghadap Rasulullah saw, tetapi serentak
beliau mengerti maksud tugasnya itu, beliau sangat marah dan bersabda,
“Kamu sebaiknya menolak. Bangsa-bangsa telah celaka karena
mengistimewakan orang-orang kelas tinggi tetapi berlaku kejam terhadap
rakyat jelata. Islam tidak mengidzinkan dan akupun sekali-kali tidak
akan mengizinkan. Sungguh, jika Fathimah anak perempuanku sendiri
melakukan kejahatan, aku tidak akan segan-segan menjatuhkan hukuman yang
adil “ (Al-Bukhori, Kitabul-Hudud).
Rasulullah saw senantiasa prihatin memikirkan untuk memperbaiki
keadaan golongan yang miskin dan mengangkat taraf hidup mereka di
tengah-tengah masyarakat. Seorang wanita muslimah biasa membersihkan
masjid Nabi di Madinah. Rasulullah saw tidak melihatnya lagi beberapa
hari dan beliau menanyakan ihwalnya. Disampaikan kepada beliau bahwa ia
sudah meninggal. Beliau bersabda, “Mengapa aku tidak diberi tahu kalau
ia meninggal? Aku pasti ikut dalam sembahyang janazahnya” dan
menambahkan. Barangkali kalian tidak memandangnya cukup penting karena
ia miskin. Anggapan itu salah. Bawalah aku ke kuburnya.” Kemudian beliau
pergi ke sana dan mendoa untuk dia (Al-Bukhori, Kitabus-Salat).
Abu Musa Al-Asy’ari meriwayatkan jika seorang miskin menghadap
Rasulullah saw dan mengajukan permintaan, beliau biasa bersabda kepada
orang yang ada disekitar beliau, “Kemudian juga hendaknya memenuhi
permintaannya itu sehingga mendapat pahala sebagai orang yang berperan
serta dalam menggalakkan perbuatan baik’ (Al-Bukhori dan Muslim), dengan
tujuan membangkitkan rasa cenderung untuk menolong si miskin di satu
pihak dalam hati para sahabat dan dipihak lain menimbulkan kesadaran
dalam hati kaum fakir-miskin adanya cinta-kasih saudara-saudara mereka
yang kaya.
Ketika Islam berangsur-angsur diterima secara umum oleh bagian
terbesar bangsa Arab, Rasulullah saw sering menerima barang dan uang
berlimpah-limpah, beliau segera membagi-bagikan hadiah itu di antara
mereka yang sangat membutuhkan. Sekali peristiwa anak beliau, Fathimah
datang mendapatkan beliau sambil memperlihatkan tapak tangannya yang
tebal dan keras akibat pekerjaan menepung gandum dengan batu, memohon
agar diberi seorang budak untuk meringankan pekerjaannya. Rasulullah saw
menjawab, “Aku akan menceriterakan kepadamu sesuatu yang nanti akan
terbukti jauh lebih berharga daripada seorang budak. Jika engkau akan
tidur pada malam hari, engkau hendaknya membaca SubchanAllah 33 kali,
Al-chamdulillah 33 kali dan Allahu akbar 34 kali. Hal itu akan jauh
lebih banyak menolongmu daripada memelihara seorang budak” (Al-Bukhori).
Beliau senantiasa menganjurkan kepada mereka yang mempunyai
budak-budak supaya memperlakukan mereka dengan baik serta kasih sayang.
Beliau menetapkan bahwa jika si pemilik memukul budaknya atau
memaki-makinya, maka satu-satunya perbaikan yang dapat dilakukannya
ialah memerdekakannya (Muslim, Kitabul-Iman).
Rasulullah saw sangat berhasrat memperbaiki keadaan wanita di
tengah-tengah masyarakat, menjamin mereka mendapat kedudukan terhormat
dan perlakuan wajar lagi pantas. Islam adalah agama pertama yang
memberikan hak waris kepada wanita…
Jika dalam satu perjalanan beliau ada wanita-wanita yang ikut serta,
beliau senantiasa memberi petunjuk supaya kafilah bergerak lambat dan
berhenti-berhenti secara bertahab. Pada suatu kesempatan serupa itu
ketika orang-orang berjalan cepat, beliau bersabda “Perhatikan kaca!
Perhatikan kaca!” dengan maksud mengatakan bahwa ada wanita-wanita dalam
rombongan dan bahwa jika onta-onta dan kuda-kuda berlari cepat, mereka
itu akan menderita dari bantingan-bantingan binatang-binatang itu
(Al-Bukhori, Kitab Al-Adab).
Beliau menetapkan bahwa orang tidak boleh membicarakan keburukan
seseorang yang telah meninggal, melainkan hendaknya menekankan kepada
kebaikan apa saja yang dimiliki almarhum, sebab tidak ada faedahnya
menyebut-nyebut kelemahan atau kejahatan orang yang sudah meninggal.
Tetapi dengan mengemukakan kebaikan-kebaikan almarhum orang akan
cenderung mendoakan (Al-Bukhori).
Perlakuan Rasulullah saw terhadap tetangga dengan ramah dan penuh
perhatian; beliau sangat menekankan agar orang berbakti dan mengkhidmati
orang tua serta memperlakukan mereka dengan baik dan kasih-sayang;
beliau selamanya memilih pergaulan dengan orang-orang baik dan jika
melihat suatu kelemahan pada salah seorang dari para sahabat, beliau
menegurnya dengan ramah secara berempat mata; Rasulullah saw sangat
berhati-hati membawa diri agar tidak timbul kemungkinan adanya salah
faham; Beliau tidak pernah mengemukakan kesalahan-kesalahan dan
kelemahan-kelemahan orang lain dan menasehati orang-orang jangan
mengumumkan kesalahan-kesalahan sendiri; Kesusahan, penderitaan atau
kemalangan di saat menjelang wafat, beliau pikul dengan penuh kesabaran
sampai-sampai Fathimah ra tidak tahan melihat ayahnya dalam keadaan
demikian, namun beliau bersabda kepadanya: “Bersabarlah, ayahmu tidak
akan menderita lagi sesudah hari ini”.
Rasulullah saw menekankan agar para sahabat bekerja sama satu dengan
lainnya. Ketika seseorang mengadukan saudaranya yang bermalas-malasan,
beliau bersabda kepadanya: “Tuhan telah mencukupi kebutuhanmu berkat
adanya saudaramu, dan karena itu menjadi kewajibanmu mencukupi
kebutuhannya dan membiarkan dia bebas mengkhidmati agama” (Turmudzi).
Rasulullah saw dalam jual-beli secara terus terang dan sangat
mendambakan orang-orang muslim agar jangan melakukan kelicikan dalam
transaksi atau jual-beli. Beliau senantiasa optimis menghadapi masa
depan. Beliau sangat memusuhi sikap pesimis atau keputusasaan, Beliau
bersabda: “Siapa yang menyebarkan rasa pesimis di kalangan masyarakat,
ia bertanggung jawab atas kemunduran bangsa; sebab pikiran-pikiran
pesimis mempunyai kecenderungan mengecutkan hati dan menghentikan laju
kemajuan.
Rasulullah saw memperingatkan para sahabat agar memperlakukan
hewan-hewan dengan baik dan mengecam bersikap kejam terhadap hewan.
Beliau sering menceriterakan tentang wanita Yahudi yang dihukum Allah
swt lantaran membiarkan kucingnya mati kelaparan.
Rasulullah saw bukan saja menekankan pada kebaikan toleransi dalam
urusan agama, tetapi memberikan contoh-contoh yang sangat tinggi dalam
urusan ini. Suatu delegasi suku Kristen Najron yang telah berdialog
selama beberapa jam, meminta idzin untuk meninggalkan masjid untuk
mengadakan kebaktian di tempat yang tenang, Rasulullah saw bersabda:
“Mereka tidak perlu meninggalkan masjid yang memang merupakan tempat
khusus untuk kebaktian kepada Tuhan dan mereka dapat melakukan ibadah
mereka di situ (Az-Zurqani).
Keberanian Rasulullah saw luar biasa, ketika terjadi isu bahwa
pasukan Romawi akan mengadakan pendudukan di Madinah dan ketika ada
suara gaduh di tengah malam, beliau mengadakan penelitian sendiri dengan
menaiki kudanya. Beliau sangat lunak terhadap orang yang kurang sopan
terhadap beliau.
Rasulullah saw sangat menaruh penting ihwal asas menyempurnakan
perjanjian. Sekali peristiwa seorang duta datang kepada beliau dengan
tugas istimewa dan sesudah ia tinggal beberapa hari bersama beliau, ia
yakin akan kebenaran Islam dan mohon diperbolehkan bai’at masuk Islam.
Rasulullah saw menjawab bahwa perbuatannya itu tidak tepat karena ia
datang sebagai duta dan telah menjadi kewajibannya untuk pulang ke pusat
Pemerintahannya tanpa mengadakan hubungan baru, jika sesudah pulang ia
masih yakin akan kebenaran Islam, ia dapat kembali lagi sebagai orang
bebas dan masuk Islam.
Beliau sangat menghargai mereka yang membaktikan waktu dan harta
bendanya untuk menghidmati umat manusia. Suku Arab , Banu Tho‘i mulai
mengadakan permusuhan terhadap Rasulullah saw dan kekuatan mereka dapat
dikalahkan dan beberapa orang ditawan dalam sebuah peperangan. Seorang
dari tawanan itu adalah seorang anak perempuan Hatim, seorang yang
kebaikan dan kemurahannya telah menjadi buah bibir bangsa Arab. Ketika
anak Hatim menerangkan kepada Rasulullah saw mengenai silsilah
kekeluargaannya, beliau memperlakukan wanita itu dengan penghormatan
yang besar dan sebagai hasil dari perantaraannya beliau membatalkan
semua hukuman yang tadinya akan dijatuhkan atas wanita itu sebagai
tindak balasan terhadap serangan mereka.
Sedemikian agung dan indahnya Akhlaq Muhammad Rasulullah saw, sebagai
hamba teladan umat manusia yang hidup sezaman dengan beliau maupun umat
manusia yang hidup sesudahnya hingga hari Qiamat, karena itu hanya ada
satu syahadat pada beliau saja yang disyari’atkan dalam agama dan wajib
diikrarkan oleh setiap orang yang masuk ke dalam agama Islam, sebagai
tekad untuk mengawali dalam mengikuti dan meneladani kehidupan beliau.