Senin, 26 September 2011

Sholat Rosululloh dan para sahabat

Pam-t Pagi ini mengambil tema sholat khusyu’
Setelah ananda berkumpul di Masjid untuk berdzikir Asmaul husna, seperti biasanya setiap kamis pagi sebelum mumulai belajar di kelas ana menyampaikan beberapa cerita kepada aknak-anak. Pagi ini khusus tentang sholat nya rosululloh dan para sahabat.
Suatu ketika Sy. Abu bakar mengikuti sholat Rosululloh di belakang beliau. Beliau sholat 4 rokaat dan beliau setelah Al Fatihah membaca surat panjang dalam Al Qur’an. Rokaat pertama membaca surat Al Baqoroh, dan seterusnya sehingga beliau dalam empat rokaat telah membaca empat surat pertama dari Al Qur’an sebanyak enam juz.
Sy. Utsman sering menghatamkan Alqur’an dalam sekali sholatnya. Subhanalloh.
Mujahid pernah menceritakan bagaimana sholat sayidina Abu Bakar dan sayidina Abdulloh bin Zubair. Diceritakan bahwa Sy. Abdulloh Bin Zubair belajar sholat langsung kepada Sy. Abu Bakar dan Sy. AbuBakar lang sung belajar kepada Rosululloh.
Pernah suatu ketika Sy. Abd Bin Zubair sholat di dalam masjid dan ketika beliau ruku’ begitu khusyu’ dan lama sehingga ketika kejatuhan batu bata tembok masjid dan tepat mengenai antara tegkuk dan pundak beliau, beliau tidak bergeming sedikitpun dalam sholatnya seakan tdak merasa bahwa ada benda keras telah membentur tubuh beliau dengan keras.
Pada kesempatan yang lain beliau sy. Abdulloh Bin Zubair sholat di rumahnya dan di sampingnya ada putra belaiu yang masih kecil Sy. Hasyim yang sedang tidur. Ketika beliau sy. Abd. Bin Zubair sedang menikmati sholatnya yang khusyu’, entah tidak diketahui dari mana datangnya, ternyata ada ular yang masuk dan membelit tubuh sy. Hasyim. Kepanikan Istri dan seluruh isi rumah beserta para tetangga yang di sertai dengan teriakan-teriakan keras monta tolong sang istri tidak seakan tidak terdengar di telinga beliau yang waktu itu Sy. Hasyim berada di sebelah sy. Ibn Zubair yang sedang khusyu’ berdialog dengan sang kekasihnya dan Tuhannya.
Demikian sholat rosululloh dan para sahabat. Ketika berdiri untuk sholat beliau-beliau ini berdiri tegak seperti sebatang pohon yang tidak tegerak sedikitpun walaupn di terpa badai yang dahsyat. Mereka berdiri, ruku’ dan sujudnya lama sekali dan khusyu’. Semoga Alloh memberikan kepada kita kekuatan sehigga bisa meneladani mereka semua. Amiin

sumber : http://kangwoko.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar